Ruang Tamu dan Elemen-Elemen Penting Dalamnya

Tips Mendesain Ruang Tamu

Ruang tamu adalah suatu ruangan yang digunakan untuk menjamu para tamu yang datang. Umumnya posisi ruang tamu berada di bagian paling depan rumah tepat setelah teras rumah. Sebuah rumah wajib memiliki ruang tamu karena ruangan tersebut berperan penting dalam menyambut orang luar yang datang mengunjungi rumah.

Ruang Tamu

Fungsi utama ruang tamu adalah untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Namun fungsi tersebut dapat dibedakan berdasarkan jenis raung tamu tersebut. Untuk lebih jelasnya simak fungsi ruang tamu berdasarkan jenisnya berikut ini.

Ruang Tamu Formal

Ruang tamu formal berfungsi untuk menjamu kedatangan rekan kerja atau kolega bisnis yang berkunjung ke rumah. Jenis ruang tamu ini biasanya dijadikan sebagai tempat membicarakan bisnis atau masalah kantor. Bisa diibaratkan ruang tamu formal ini seperti ruang meeting yang ada di kantor.

Biasanya raung tamu formal dibuat nyaman untuk pertemuan sesama rekan kerja. Makanya penataannya biasanya dibuat melingkar atau berhadapan. Selain itu terdapat juga tempat untuk menyediakan berbagai meletakan dokumen-dokumen bisnis. Prinsipnya ruang tamu formal didesain nyaman untuk membicarakan kepentingan bisnis.

Ruang Tamu Informal

Fungsi utama ruang tamu informal adalah untuk menyambut dan menjamu kerabat dekat dan sanak saudara. Biasanya ruang tamu informal digunakan sebagai tempat berkumpul santai. Fasilitas yang terdapat pada ruang tamu informal dibuat nyaman untuk berkumpul santai. Makanya ruang tamu informal bisanya terdapat fasilitas pendukung televisi, sofa dan bantal yang berfungsi untuk menemani waktu besantai.

Untuk posisi ruang tamu informal bisanya berada ditengah dekat dengan ruang keluarga. Hal tersebut untuk menjaga privasi ketika berkumpul. Namun saat ini ruang tamu infromal sendiri umumnya sekaligus menjadi ruang keluarga untuk efesiensi ruangan.

Ruang Tamu Beranda

Fungsi utama ruang tamu beranda adalah sebagai tempat menunggu sebelum masuk ke ruang tamu dalam rumah. Biasanya lokasi ruang tamu beranda berada di teras atau beranda rumah. Selain untuk tempat menunggu tamu ruang tamu beranda juga bisa digunakan untuk para tamu yang datang dengan keperluan yang sangat sebentar. Peranan ruang tamu beranda sangat penting ketika pemilik rumah termasuk orang yang sangat sibuk.

Ruang Tamu Santai

Fungsi utama ruang tamu santai adalah tempat untuk menyambut dan menerima tamu sekaligus menjadi ruangan untuk bersantai. Karena sekaligus menjadi tempat bersantai umumnya ruang tamu santai ini terletak dibagian belakang rumah. Biasanya juga posisinya menghadap pepohonan atau taman belakang rumah.

Elemen Elemen Penyusun Ruang Tamu

Ruang tamu terdiri dari beberapa elemen penyusun yang membentuk tata ruang tamu. Elemen penyusun ini diperuntukan untuk digunakan untuk menyambut tamu yang datang agar mereka betah dan menciptakan kesan baik pada rumah. Adapun elemen-elemen penyusun ruang tamu tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kursi atau tempat duduk

Ruang tamu merupakan suatu ruangan yang identik dengan tempat yang digunakan oleh tamu dan pemiliki rumah untuk berbincang atau sekedar bersantai. Umumnya perbincangan dilakukan dalam keadaan duduk sehingga tempat duduk atau kursi menjadi elemen penting dalam sebuah ruang tamu.

Ada banyak kursi ruangan tamu yang dapat Anda pilih misalnya sofa, kayu atau kombinasi baja dengan busa. Sudah seharusnya kita sebagai pemilik rumah memberikan kursi tamu yang terbaik dan nyaman kepada tamu agar tamu yang berkunjung nyaman dan betah di rumah kita.

Namun ada juga ruang tamu yang tidak menggunakan kursi. Alasannya ruangan tamu tersebut menggunakan konsep lesehan. Ruang tamu lesehan biasanya bertujuan agar ruangan dapat menampung tamu dalam jumlah lebih banyak karena keterbatasan ruangan.

2. Meja

Meja dalam sebuah ruang tamu juga merupakan elemen penting . Fungsinya digunakan untuk tempat meletakan makanan dan minuman untuk para tamu yang berkunjung. Ada banyak pilihan meja yang bisa digunakan pada ruang tamu. Meja pada ruang tamu ini bisanya satu set dengan kursi.

Jika Anda membeli meja secara terpisah dengan kursi maka pilihlah meja yang sesuai dengan model kursi yang ada. Selain itu tinggi dari pada meja tersebut juga harus sesuai dengan tinggi kursi yang ada.

3. karpet

Karpet merupakan elemen tambahan pada ruang tamu yang memerikan kesan mewah dan kehangatan dalam sebuah ruang tamu. Dengan menambahkan karpet pada ruang tamu akan memberikan kesan nyaman ketika duduk dan beraktivitas di ruang tamu.

Namun perlu diperhatikan dengan baik-baik, ketika memasang karpet di ruang tamu maka Anda harus rajin membersihkan kerpet yang terpasang dari debu dan kotoran. Selain itu serangga dan tengau juga sangat senang bersarang di sebuah karpet. Oleh sebab itu Anda juga harus sering sering mencuci kerpet agar tengau dan serangga lainnya hilang dari karpet.

4. Pencahayaan

Dalam sebuah ruang tamu elemen pencahayaan merupakan hal penting. Dengan pengaturan pencahayaan yang baik dalam sebuah ruang tamu maka tamu yang datang dapat menikmati pemandangan yang ada di ruang tamu,

Pencahayaan ruang tamu bisa di dapat secara alami dan buatan. Untuk pencahayaan alami bisa memanfaatkan sinar matahari sedangkan untuk pencahayaan buatan bisa menggunakan lampu.

5. Dekorasi

Untuk menambah kenyamanan ruang tamu Anda bisa menambahkan dekorasi pada ruang tamu. Dengan menambahkan dekorasi pada ruang tamu Anda bisa menambahkan lukisan, foto keluarga, cermin besar, bunga dan lainnya.

Tips Mendesain Ruang Tamu

Tips Mendesain Ruang Tamu

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan mendesain ruang tamu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Tentukan Tema Ruang Tamu

Dalam mendesain ruang tamu langkah pertama adalah menentukan desain ruang tamu. Misalnya saja desain minimalis, klasik, artistik dan lain sebagainya. Menentukan tema menjadi hal yang penting karena akan menentukan bentuk dan nuansa ruang tamu itu sendiri.

2. Pilih Furniture Ruang Tamu Yang Sesuai dengan Tema

Furniture pada ruang tamu harus sesuai tema yang diinginkan. Misalnya saja ketika menentukan tema minimalis maka furniture yang dipilih juga berkonsep minimalis. Dengan begitu antara konsep dengan furniture yang bisa serasi tidak terjadi kesenjangan.

3. Pilih Sofa Yang Sesuai dengan ukuran Ruang Tamu

Pilih sofa yang sesuai dengan ukuran ruang tamu. Misalnya saja jika ruang tamu berukuran sempit maka pilihlah sofa yang kecil dan ramping, dengan begitu ruang tamu terasa luas. Sebaliknya jika Anda menggunakan sofa berukuran besar pada ruang tamu sempit maka ruang tamu akan terasa sesak dan sempit.

4. Pilih Warna Cat Netral dan Cerah

Untuk memanipulasi pandangan pada ruang tamu agar terlihat luas sebaiknya gunakan cat warna netral misalnya putih. Bisa juga menggunakan warna lainnya yang cerah misalnya warna hijau untuk menimbulkan kesan asri dan sejuk. Memilih warna cerah pada ruang tamu akan mampu membuat pemandangan dan suasana pada ruang tamu lebih nyaman dan hidup.

5. Buat Jendela Besar Agar Cahaya Matahari Mudah Masuk

Untuk menciptakan pencahayaan alami Anda dapat menggunakan jendela besar menggunakan kaca. Hal tersebut dilakukan agar cahaya matahari mudah masuk ke dalam ruang tamu. Memaksimalkan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami pada ruang tamu adalah cara terbaik dalam pengaturan pencahayaan ruang tamu.

6. Tambahkan Cermin Besar Agar Ruang Tamu Terlihat Luas

Memasang cermin besar pada ruang tamu bisa memberikan kesan luas pada ruang tamu. Cermin besar mampu memanipulasi pandangan mata pada ruang tamu terlihat luas dan lapang.

7. Tambahkan Rak Dibelakang Sofa

Untuk menciptakan daya tarik visual pada ruang tamu Anda dapat menambahkan rak dibelakang sofa. Selain dapat menciptakan efek visual, rak juga dapat menjadi tempat penyimpanan barang-barang dan aksesoris ruang tamu.

8. Pasang Karpet Untuk Memberikan Kesan Mewah dan Hangat

Memasang karpet besar pada ruang tamu juga bisa menimbulkan kesan luas dan lapang pada ruang tamu. Selain itu karpet juga bisa menciptakan kesan mewah dan hangat pada ruang tamu.

7. Tambahkan Tanaman Hias

Untuk menciptakan kesan asri pada ruang tamu Anda dapat menambahkan tanaman hias pada ruang tamu. Anda bisa menggunakan tanaman hias hidup atau tanaman hiasan plastik.

8. Jaga Ruang Tamu Agar Selalu Bersih

Dalam menata dan mendesain ruang tamu faktor kebersihan menjadi hal yang paling penting. Oleh sebab itu selalu jaga kebersihan ruang tamu. Bersihkan secara rutin ruang tamu.

Untuk menambah kenyamanan Anda juga bisa menambahkan pewangi pada ruang tamu sehingga ruang tamu Anda menjadi bersih dan wangi nyaman untuk digunakan menyambut para tamu yang datang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *