Pengertian Rumah Secara Umum Dan Dari Berbagai Aspek

aspek rumah

Pengertian Rumah Secara Umum

pengertian rumah secara umum
Rumah

Secara umum pengertian rumah adalah suatu bangunan yang dijadikan tempat tinggal dalam jangka waktu tertentu. Rumah bisa menjadi tempat tinggal manusia maupun hewan, namun untuk tempat tinggal hewan disebut sangkar, sarang dan kandang.

Secara khusus rumah mengacu pada konsep-konsep sosial kemasyarakatan yang terjalin dalam bangunan rumah sebagai tempat tinggal. Hal tersebut menjadikan rumah sebagai sarana hidup sebuah keluarga seperti tidur, makan, aktivitas, istirahat dan lain-lain. Dilihat dari kebutuhan rumah merupakan salah satu kebutuhan primer setiap manusia. Namun sekarang telah banyak orang yang menjadikan orang menjadikan rumah sebagai sarana investasi karena harganya yang cenderung naik setiap tahun.

Pengertian Rumah Berdasarkan Beberapa Aspek

aspek rumah
rumah

Jika secara umum rumah adalah sebagai tempat tinggal dan berlindung dari siklus alam namun pengertian rumah dapat memiliki arti lain jika dilihat dari beberapa aspek.

1. Secara Fisik

Jika dilihat dari aspek fisik rumah maka rumah dapat didefinisikan sebagai suatu bangunan yang menjadi tempat kembali dari bepergian, bekerja atau beristirahat memulihkan kondisi fisik maupun mental. Setelah melakukan aktivitas dan tugas sehari-haru diluar rumah maka rumah adalah tempat kembali.

2. Secara Psikologis

Namun jika ditinjau berdasarkan psikologis maka definisi rumah dapat diartikan sebagai suatu bangunan yang menjadi tempat tinggal untuk melakukan aktivitas dengan tentram, nyaman, damai dan menyenangkan bagi penghuninya. Secara psikologis lebih menitik beratkan pada keadaan hati penghuninya dalam sebuah keluarga.

Fungsi Rumah

fungsi rumah
Rumah 2 lantai

Rumah memiliki fungsi khusus bagi penghuninya dalam menjalani kehidupan. Secara umum rumah berfungsi sebagai sarana untuk kehidupan yang nyaman, tempat berlindung, beristirahat, berkumpul dan tempat untuk menujukan tingkat sosial dalam masyarakat. Terkait dengan fungsi rumah yang lebih luas menurut para pakar adalah sebagai berikut :

1. Turner

Rumah sebagai tempat tinggal memiliki 3 fungsi utama menurut Turner (dalam Jenie, 2001 : 45) yaitu :

  1. Rumah sebagai penunjang identitas keluarga (Identity) yaitu mengacu pada fungsi perlindungan penghuninya. Hal tersebut berarti sang penghuni rumah mendapat tempat berteduh dalam rumah sehingga terlindungi dari iklim setempat.
  2. Rumah sebagai penunjang kesempatan keluarga (opportunity) sehingga dapat berkembang dalam sosial masyarakat , budaya dan ekonomi. Hal tersebut berarti rumah adalah sarana untuk akses ke tempat kerja dan sosial sehingga mempunyai penghasilan.
  3. Rumah sebagai penujang keamanan keluarga (scurity) yaitu penghuni mendapatkan jaminan keamanan dari lingkungan dan hukum kepemilikan lahan (the form of tenure).

2. Rumah Sebagai Wadah Keluarga

Fungsi rumah adalah menimbulkan rasa aman dan terlindungi ketika melakukan aktivitas yang bersifat intem dan pribadi. Rumah bukan hanya berfungsi sebgai perlindungan fisik melainkan juga merupakan tempat tinggal yang melindungi segala aktivitas keluarga.

3. Doxiadis

Menurut Doxiadis (dalam Dian, 2009)Secara garis besar rumah berfungsi sebagai :

  1. Kebutuhan pokok jasmani
  2. Kebutuhan pokok rohani
  3. Sebagai saranaperlindungan dari penularan penyakit
  4. Melindungi manusia dari ganguan luar
  5. Sebagi tempat tinggal
  6. Sebgai sarana mediasi antat manusia dan dunia
  7. rumah merupakan sebgai arsenal yaitu tempat manusia mendapatkan kekuatan kembali.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian rumah dan fungsinya yang bisa menjadi referensi pengetahuan Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *