Keunggulan Kayu Akasia Untuk Bangunan

Kayu Akasia Untuk Bangunan dan Furniture

Salah satu kayu terbaik untuk bangunan rumah adalah kayu akasia yang memiliki bahasa latin Acacia. Pohon akasia banyak tumbuh di wilayah timur Indonesia dan sekarang ini mulai dikembangkan di daerah Sumatera. Keunggulan pohon akasia adalah dapat tumbuh cepat dan mampu hidup di berbagai jenis tanah. Masa panen kayu akasia berkisar antara 5 sampai 6 tahun.

Kayu Akasia Untuk Bangunan dan Furniture
Kayu Akasia Untuk Bangunan dan Furniture

Sebenarnya pohon akasia dapat tumbuh baik di hutan tropis lembab seperti kepulauan Maluku dan Sulawesi. Pohon akasia sendiri dapat tumbuh tinggi dan lurus hingga mencapai 30 m.

Kayu akasia telah dikenal sebagai salah satu bahan yang biasa digunakan untuk industri pulp, kertas, perabotan dan furniture. Dalam dunia konstruksi kayu akasia sering digunakan untuk rangka atap, kusen dan pintu. Banyak keunggulan dan manfaat yang dimiliki oleh kayu akasia diantaranya.

1. Kayu Akasia Termasuk Kayu Kuat dan Awet

Penggunaan kayu akasia untuk bangunan akan sangat menguntungkan sebab kayu akasia tergolong kayu kuat dan tahan lama meski menghadapi perubahan cuaca. Kayu akasia masuk kelas awet golongan III dan masuk kelas kuat golongan II – II. Oleh sebab itu jenis kayu ini tidak mudah rusak meski terserang jamur, serangga, dan perubahan cuaca. Ketika digunakan kayu akasia mampu bertahan 10 tahun lebih.

Karena masuk golongan III atau kayu sedang, maka kayu akasia hanya cocok untuk kebutuhan indoor, tidak cocok digunakan untuk kebutuhan outdoor. Kayu akasia mudah lapuk jika terkena air hujan dan sinar matahari secara langsung.

2. Kayu Akasia Mudah Dibentuk

Keunggulan kayu akasia adalah mudah dibentuk sesuai dengan keinginan, jenis kayu ini tidak mudah patah ketika dibentuk. Penggunaan kayu akasia lebih banyak dalam bidang furniture misalnya saja meja, kursi, lemari, rak dan sebagainya. Selain itu kayu akasia juga memiliki daya ikat kuat terhadap paku atau sekrup. Tentu hal tersebut membuat perabot atau furniture yang dibuat dari kayu akasia akan kuat dan kokoh.

3. Kayu Akasia Memiliki Motif Unik

Dari segi warna kayu akasia berwarna kuning kecokelatan dan membentuk motif indah hampir seperti kayu jati. Bagian teras dari kayu akasia ini memiliki warna cokelat muda hingga cokelat tua kehijauan. Sedangkan untuk area gubalnya berwarna krem keputihan yang membuatnya memiliki kombinasi warna kontras. Pada bagian permukaan kayu akasia terdapat serat halus lurus hingga berpadu terbentuk secara alami.

4. Bisa Diolah Menjadi Peralatan Rumah Tangga

Selain untuk furniture kayu akasia juga cocok digunakan untuk peralatan rumah tangga seperti piring, mangkok, sendok, garpu, dan lainnya. Hal ini dikarenakan karakter kayu tergolong kuat namun cenderung elastis sehingga pengolahannya lebih mudah ketimbang jati dan ulin. Disisi lain kelebihannya kayu akasia sebagai material peralatan rumah tangga adalah ketahanan kayu yang tinggi di dalam suhu ruangan.

5. Bahan Baku Industri

Kayu akasia juga digunakan dalam bidang industri seperti pembuatan triplek, bahan baku serat kayu, pembuatan kertas, digunakan untuk pulp, papan partikel dan lain sebagainya. Dalam dunia industri serbuk kayu akasia diolah menjadi papan untuk kebutuhan pembuatan meja atau lemari. Selain itu serbuk kayu akasia juga dapat dimanfaatkan untuk industri budidaya jamur.

6. Mudah Didapatkan Indonesia

Dalam sejarahnya kayu akasia pertama dikenalkan pada tahun 1960 an oleh oleh beberapa negara seperti Malaysia, Bangladesh, India, China, Papua Nugini,, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Sekitar tahun 1970-an kayu akasia mulai menyebar di Kepulauan Maluku sebagai salah satu jenis pohon untuk program reboisasi.

Hingga saat ini kayu akasia sangat mudah ditemukan di wilayah timur Indonesia seperti kawasan Fak-Fak dan Tomage, Papua, Maluku, pulau Seram, kepulauan Aru, Kalimantan Timur, dan lainnya. Pasalnya, daerah-daerah tersebut merupakan tempat penyebaran alami kayu akasia. Bahkan sekarang Indonesia bagian barat khususnya pulau sumatera juga mengembangkan kayu akasia.

Dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kayu akasia maka jangan ragu lagi untuk menggunakan kayu akasia sebagai material pembangunan rumah atau pembuatan furniture. Faktanya sudah banyak yang menggunakan kayu akasia dan terbukti kuat dan awet berumur panjang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *