10 Jenis Genteng Rumah, Kenali Sebelum Beli

Jenis Genteng Rumah

Genteng adalah komponen atap yang menutupi permukaan bagian atas terdiri dari bagian-bagian yang tersusun saling bertindih (overlapping). Saat ini telah banyak jenis genteng rumah di Indonesia yang bisa Anda pilih.

Jenis Genteng Rumah
Jenis Genteng Rumah

Fungsi utama genteng adalah melindungi penghuni bangunan dari panas, hujan, angin, dan lain-lain.

Genteng adalah material bangunan yang terbuat dari tanah liat, logam, kayu, batu, serat, aspal, asbes, dan plastik. Bentuk genteng bervariasi namun yang paling umum adalah berbentuk segi empat.

Selain berfungsi sebagai pelindung rumah, genteng juga bisa berfungsi sebagai material yang bisa mempercantik penampilan rumah.

Sekarang jenis genteng beragam karena menyesuaikan kebutuhan bangunan. Oleh karena itu Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Untuk membantu mengenal genteng, berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis genteng rumah yang bisa Anda pilih.

1. Genteng Tanah Liat

Jenis Genteng Tanah Liat
Jenis Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat adalah jenis genteng rumah yang paling umum digunakan untuk rumah di Indonesia. Saat ini genteng tanah liat diproduksi dalam berbagai macam model dan warna. Produksinya bisa pabrik atau perorangan.

Beberapa daerah terkenal dengan produksi gentengnya seperti Kebumen, penghasil genteng SOKKA. Masing banyak lagi daerah di Indonesia yang memproduksi genteng.

Banyak sekali merk genteng tanah liat terbaik di Indonesia. Anda bisa memilihnya untuk keperluan pembangunan rumah.

Sesuai namanya jenis genteng tanah liat terbuat dari tanah liat pilihan. Dicetak menggunakan mesin press kemudian dibakar sampai genteng matang. Secara umum hampir sama dengan pembuatan batu bata.

2. Genteng Metal Logam

Genteng Metal
Genteng Metal

Jenis genteng metal terbuat dari lembaran metal yang di-press berbentuk seperti genteng. Karena terbuat dari lembaran metal maka beratnya sangat ringan.

Genteng metal sangat dicocok dipasang pada rumah minimalis karena ringan dan menghemat struktur bangunan. Kekuatan genteng metal juga tahan lama.

Kekurangan genteng ini meterialnya mudah menyerap panas, karena terbuat dari logam. Selain itu ketika terkena air hujan akan terdengar berisik.

3. Genteng Metal Pasir

Genteng Metal Pasir
Genteng Metal Pasir

Jenis metal pasir juga disebut dengan genteng metal batuan FULO ROOF. Genteng ini memiliki lapisan Polyproplene dan serbuk buatan yang berfungsi meredam panas sinar matahari dan suara air hujan.

Bahan dasar genteng genteng metal pasir adalah zinc alume dan bagian bawah dilapisi dengan coat zinc allimunium coating, primary epoxi, zinc phosphat, synthetix resin, stone chip, dan acrilic finishing.

Genteng metal pasir memiliki keunggulan dapat meredam panas sinar matahari dan meredam suara bising saat hujan.

4. Genteng Kaca

Genteng Kaca
Genteng Kaca

Seperti namanya genteng kaca ini terbuat dari kaca. Jenis genteng kaca tentu tidak dipasang pada seluruh permukaan atap, hanya pada bagian tertentu saja.

Genteng kaca bisa dipasang di beberapa tempat agar ruangan bisa mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Kelebihan Genteng Kaca :

  1. Dapat memberikan cahaya alami ruangan.
  2. Panampilan terkesan modern
  3. Ruangan di bawah genteng kaca tidak mudah berjamur

Kekurangan Genteng Kaca :

  1. Rawan Pecah
  2. Bisa membuat suhu ruangan panas
  3. Bentuk dan modelnya sedikit

Penggunaan genteng kaca pada sebuah bangunan tidak hanya sebagai penutup atap, tapi akan memberikan karekteristik sendiri pada bangunan tersebut.

5. Genteng Beton

Genteng Beton
Genteng Beton

Jenis genteng beton terbuat dari semen, pasir dan fly ash yaitu abu bekas pembakaran batu bara. Genteng beton kuat terhadap cuaca dan tahan lama bisa mencapai 50 tahun.

Tidak membutuhkan perawatan khusus ketika menggunakan genteng beton. Karena meterialnya tahan terhadap api dan tidak mudah bocor.

Namun genteng beton cukup berat jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan kerangka kuat ketika menggunakan genteng beton.

Genteng beton biasanya dicetak seperti genteng tanah liat dan biasa digunakan pada rumah minimalis.

Kelebihan Genteng Beton :

  1. Terdapat banyak model dan bentuk mulai dari bergelombang hingga datar.
  2. Kuat, tidak mudah bocor dan awet berumur panjang.
  3. Tahan cuaca dan tahan api

Kekurangan Genteng Beton :

  1. Bobotnya genteng ini berat
  2. Membutuhkan kerangka kuat
  3. Harganya cukup mahal

Untuk mendapatkan kesan eksotis dan modern Anda bisa melapisi genteng beton dengan cat genteng. Pilihlah genteng beton dari produsen yang memiliki kualitas tinggi.

6. Genteng Keramik Atau Galazur

Genteng Keramik
Genteng Keramik

Umum keramik digunakan untuk lantai, tapi jangan salah keramik juga digunakan untuk genteng, namanya genteng keramik. Saat ini sudah banyak yang menggunakan genteng keramik untuk pembangunan rumah.

Bentuk dan warna genteng keramik juga bervariasi, banyak modelnya, sehingga Anda punya banyak pilihan. Genteng keramik menjadi salah satu genteng Indonesia yang banyak diminati.

Genteng keramik mampu menahan panas sinar matahari. Oleh karena itu sangat cocok untuk bangunan rumah atau gedung yang tinggi.

Meskipun namanya genteng keramik, ternyata bahan dasar pembuatan genteng keramik terbuat dari tanah liat. Ini sebenarnya sama, karena keramik juga terbuat dari tanah liat.

Nah, yang membedakannya adalah proses akhirnya yakni penambahan lapisan pewarna glatzur.

Kelebihan Genteng Keramik :

  1. Memiliki daya tahan yang kuat, bisa menahan berat manusia.
  2. Awet dan tahan lama
  3. Dibakar dengan suhu tinggi mencapai 11000 sehingga warnanya cerah dan kuat tidak gampang pecah.

Kekurangan Genteng Keramik :

  1. Membutuhkan ketelitian dalam memasangnya, jika tidak rawan kebocoran.
  2. Harus dipasang dengan kemiringan 300 agar air mengalir sempurna
  3. Membutuhkan baut dalam pemasangannya

Genteng keramik ini memberikan kesan tradisional jadi kurang cocok dipasang pada rumah rumah. Jika Anda membangun rumah minimalis pertimbangkan lagi ketika mau menggunakan genteng ini.

7. Genteng Asbes

Genteng Asbes
Genteng Asbes

Tentu genteng asbes sudah sangat sering dijumpai karena memang banyak sekali yang menggunakannya. Alasannya adalah murah, ringan dan mudah dalam pemasangannya.

Genteng asbes terbuat dari 6 gabungan mineral silikat alam. Jenis genteng ini diproduksi oleh pabrik.

Kelebihan Genteng Asbes :

  1. Harganya murah
  2. Mudah dalam pemasangan
  3. Tidak banyak menggunakan rangka

Kekurangan Genteng Asbes :

  1. Ruangan dibawah asbes panas ketika terpapar sinar matahari
  2. Mudah Pecah
  3. Tidak ramah lingkungan

Memang menggunakan asbes sangat menghemat biaya. Namun sayangnya asbes terbuat dari bahan yang kurang aman. Menurut JobPrice asbes terbuat dari serat yang mudah terekpos perubahan cuaca.

Selain asbes kurang aman untuk kesehatan, oleh karena itu gunakan asbes untuk genteng sementara. Atau gunakan untuk bangunan yang tidak banyak melakukan aktivitas manusia. Misalnya garasi luar rumah, gudang dan lain-lain.

8. Genteng Seng

Genteng Seng
Genteng Seng

Jenis genteng seng terbuat dari logam jadi bahannya menyerap panas. Sehingga ruangan yang menggunakan asbes akan terasa panas dan gerah.

Genteng seng harganya cukup murah jadi bisa menjadi pilihan Anda dalam menghemat biaya pengerjaan bangunan.

Material genteng seng mudah berkarat sehingga tidak bertahan lama, hanya beberapa tahun saja.

9. Genteng Aspal

Genteng Aspal
Genteng Aspal

Jenis genteng aspal ini terbuat dari campuran aspal, serat kayu dan beberapa bahan kimia. saat ini genteng genteng aspal tengah menjadi tren dalam pembangunan rumah.

Kelebihan Genteng Aspal :

  1. Bobotnya ringan
  2. Tahan terhadap api dan angin kencang
  3. Sudah dilapisi dengan pelapis anti jamur
  4. Memberikan kesan mewah dan indah

Kekurangan Genteng Aspal :

  1. Harganya cukup mahal
  2. Membutuhkan banyak kerangka dalam pemasangannya
  3. Dibutuhkan keterampilan profesional dalam memasangnya

Genteng aspal memiliki bentuk simpel sehingga cocok untuk dipasang pada rumah minimalis. Warnanya juga beragam sehingga mudah diaplikasikan dalam desain rumah.

10. Genteng Kanopi Baja Ringan

Genteng Kanopi Baja Ringan
Genteng Kanopi Baja Ringan

Biasanya genteng kanopi baja ringan digunakan sebagai pemanis rumah dan pelindung kendaraan. Misalnya parkiran mobil, tempat bersantai, penghalang air hujan dan lain-lain.

Harga genteng ini cukup terjangkau sehingga sudah banyak yang menggunakannya. Selain itu pilihan warna dan modelnya juga beragam.

11. Genteng Sirap Kayu Ulin atau Kayu Besi

Genteng Sirap Kayu Ulin
Genteng Sirap Kayu Ulin

Seperti nama genteng sirap kayu ulin ini terbuat dari kayu ulin atau kayu besi. Penggunaan kayu ulin untuk genteng alasannya karena kayu ulin sangat kuat dan tahan terhadap cuaca.

Genteng ulin biasanya berbentuk memanjang dan ujungnya lancip segitiga. Kesan yang diberikan genteng ulin ini adalah memancarkan suasana alami dan sejuk.

Namun perlu diperhatikan juga kalau harga genteng kayu ulin ini sangat mahal. Karena bahan dasarnya sendiri juga sekarang ini sudah mahal.

Dengan mengetahui kesebelas jenis genteng rumah maka akan bisa membantu Anda dalam memilih genteng untuk rumah Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *