7 Jenis Batu Bata Paling Umum Digunakan

Jenis Batu Bata

Batu adalah jenis material bangunan yang digunakan untuk penyusun dinding. Material ini sangat penting dalam pembangunan rumah, gedung atau pagar. Sebagian orang hanya tau kalau batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar. Padahal masih ada jenis batu bata lain, simak selengkapnya pada pembahasan kali ini.

Jenis Batu Bata
Jenis Batu Bata

Perkembangan teknologi terkini telah menghasilkan beberapa jenis batu yang tidak hanya terbuat dari tanah liat.

Penting bagi Anda mengetahui variasi dari batu bata sehingga memiliki banyak pilihan dalam membangun rumah atau gedung. Berikut ini adalah jenis batu bata yang umum digunakan untuk bangunan :

1. Batu Bata Merah

Batu Bata Merah
Batu Bata Merah

Jenis batu merah adalah yang paling umum digunakan dalam sebuah bangunan. Batu bata merah sudah digunakan sejak zaman dahulu. Hal ini seolah-olah batu bata merah adalah bahan wajib digunakan dalam membangun rumah.

Sampai saat ini pembangunan rumah di Indonesia masih didominasi oleh batu merah sebagai penyusun dindingnya. Memang batu bata merah sudah terbukti kuat dan kokoh ketika digunakan.

Bahan dasar pembuatan batu bata merah adalah tanah liat yang dicetak balak persegi panjang, kemudian dibakar hingga matang kemerah-merahan.

Sebagian batu bata dibuat menggunakan tanah hitam dari sawah atau ladang. Jenis batu bata seperti ini kualitasnya kurang bagus. Bahan yang paling bagus untuk membuat batu bata merah adalah tanah liat, tanah kuning, dan tanah merah.

Dinding yang dibangun menggunakan batu bata merah bisa terlihat sejuk dan terlihat kokoh. Sebagian orang memasang batu merah dengan sangat rapi dan tidak diplaster menggunakan adonan semen. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendapatkan kesan klasik dan alami.

Batu bata merah termasuk jenis bahan bangunan yang tahan api sehingga sangat direkomendasikan. Karena tahan api maka batu bata merah bahan material bangunan yang sangat aman.

Pembuatan dinding menggunakan batu batu merah bisa menghasilkan dinding yang kuat karena komponen penyusunnya saling menyatu. Batu bata merah juga terbilang jenis material bangunan yang tahan lama.

Pembuatan batu bata merah saat sudah menggunakan mesin cetak semi otomatis ataupun otomatis. Mesin sekaligus mengepress batu bata sehingga menghasilkan batu batu merah yang kuat.

Dibalik segala kelebihannya batu bata merah juga memiliki beberapa kekurangan. Untuk menyusun batu bata merah satu sama lainnya diperlukan bahan perekat yang banyak.

Perekat yang digunakan biasanya adalah semen. Karena banyak menggunakan bahan perekat secara otomatis bianya yang digunakan juga banyak

Selain itu untuk menyusun batu bata merah diperlukan waktu yang cukup lama sehingga menambah biaya pemasangan.

2. Batu Bata Batako

Batu bata batako
Batako

Pada umumnya pembuatan batu bata batako menggunakan campuran pasir dan semen. Pasir yang bagus digunakan adalah jenis pasir yang kasar. Batu bata batako umumnya dikenal dengan sebutan batako.

Batako memiliki ukuran yang besar sehingga cepat dalam pemasangannya. Bangunan yang biasa menggunakan batako adalah gudang, pagar, pos jaga.

Sekarang sebagian orang beralih menggunakan batako dalam membangun rumah. Alasannya karena cepat dan mengurangi biaya pemasangan oleh tukang.

Memang bangunan yang menggunakan batako akan lebih cepat selesai dibandingkan dengan batu bata merah. Tentu saja menggunakan batako akan lebih hemat karena bisa mengurangi biaya untuk pemasangannya.

Batako adalah jenis material bangunan yang kedap air sehingga cocok untuk digunakan untuk bagian luar rumah. Untuk rumah yang berada di daerah berair sangat cocok menggunakan batako.

Memang menggunakan batako akan lebih cepat dan murah, akan tetapi pembangunan tembok rumah dengan iklim tropis kurang cocok menggunakan batako.

Alasannya adalah batako memiliki sifat menyimpan panas, sehingga berpotensi membuat rumah terasa panas. Selain itu batako juga rentan dengan keretakan karena sedikit mengunakan bahan perekat.

3. Batu Bata Hebel

batu bata hebel
Batu Bata Hebel

Saat ini sebagian orang mulai beralih menggunakan batu bata hebel yang sedang tren. Batu bata hebel merupakan batu bata ringan dengan bentuk balok persegi panjang yang ukurannya cukup besar.

Jenis batu bata hebel adalah produk pabrikan dari bahan-bahan yang diproses secara kimiawi. Batu bata hebel terbuat dari campuran pasir karsa, semen, kapur, gypsum, alumunium pasta dan air.

Bentuk batu bata hebel sangat rapi dan presisi, maklum karena diproduksi oleh pabrik dengan teknologi terkini. Karena itu batu bata hebel sangat mudah dalam pemasangannya.

Selain itu batu bata hebel juga sangat baik dalam menyerap panas sehingga membuat bangunan rumah menjadi lebih sejuk.

Batu bata hebel juga tahan terhadap rembesan air karena memiliki daya serap air yang sangat rendah. Bobot batu bata hebel juga sangat ringan sehingga meringankan proses pemasangan.

Bangunan yang menggunakan batu hebel juga terbilang kokoh tidak kalah dengan jenis batu bata lainnya.

Namun dibalik keistimewaan yang dimiliki batu bata hebel, harga batu bata hebel terbilang mahal. Tentu biaya yang dikeluarkan juga akan bertambah.

Bahan perekat yang digunakan juga khusus, bukan menggunakan semen biasa. Perekat khusus ini harganya juga cukup mahal secara otomatis biaya yang dikeluarkan bertambah lagi.

Untuk pemasangan batu bata hebel juga diperlukan keahlian khusus. Jika pemasangan kurang rapi dan perekat kurang akan berdampak pada struktur bangunan. Pastikan menggunakan tukang yang ahli dalam pemasangan batu bata hebel.

Batu bata hebel bisa didapatkan di toko material bangunan yang besar, karena saat ini masih jarang toko materian yang menjual batu bata jenis ini.

4. Batu Bata Bolong / Berlubang

Jenis Batu Bata Bolong
Batu Bata Bolong

Dinamakan batu bata bolong karena memiliki lubang ditengahnya. Karena ada lubang pada batu bata ini maka beratnya juga lebih ringan.

Batu bata bolong lebih cepat matang saat dibakar dibandingkan dengan batu bata biasa. Hal ini dikarena lubang yang ada ditengah-tengah batu bata.

Penggunaan batu bolong juga cukup populer di Indonesia. Batu bata bolong memiliki beberapa macam bentuk seperti balok, melingkar dan melintang.

Jika Anda menggunakan batu bata bolong sebaiknya jarak antara batu bata satu dengan batu bata lainnya tidak kurang dari 10mm. Tujuannya untuk memperkuat struktur penyusunan batu bata bolong.

Untuk hasil yang lebih baik basahi batu bata bolong sebelum di pasang seperti keramik. Hasilnya akan lebih kuat dan kokoh.

5. Batu Bata Purpose-Made

Batu bata purpose made
Batu Bata Purpose Made

Jenis batu bata puspose-made digunakan ketika terjadi kesalahan pembangunan atau digunakan untuk bangunan yang membutuhkan batu bata khusus.

Pembuatan batu bata ini biasanya dari campuran pasir dan tanah liat. Walaupun terbuat dari campuran pasir dan tanah liat ternyata batu bata ini cukup kuat.

Ada juga yang membuat batu bata ini dengan campuran bahan kimiawi. Biasanya digunakan untuk gedung mewah dan bertingkat.

Pada intinya batu bata purpose-made adalah batu bata yang dibuat sesuai kebutuhan.

Karena dibuat khusus sesuai kebutuhan tentu saja harganya juga lebih mahal. Selain itu tidak mudah untuk mendapatkan jenis batu bata ini.

6. Bata Beton / Bataton

jenis batu bata beton
Bataton

Dalam segi penampilan bataton sekilas mirip dengan batako. Bentuk bataton bervariasi karena menyesuaikan kebutuhan. Bagian dalam bataton terdapat lubang yang biasa digunakan untuk rangka besi, saluran pipa, kabel dan lainnya.

Bahan untuk membuat bataton adalah campuran pasir, semen, kerikil, agregat, bahan aditif dan air. Setelah bahan semuanya dicampur kemudian dibentuk sesuai dengan kebutuhan bangunan.

Ada beberapa pilihan bentuk bataton dengan berbagai ukuran. Tujuannya agar bataton bisa menyatu dengan sistem konstruksi dan membuat pemasangan menjadi lebih cepat.

Terdapat 3 jenis bataton yaitu bataton interlock, bataton aerasi, bataton berongga.

Bataton memiliki rongga yang berperan sebagai isolator. Selain itu berat bataton juga ringan sehingga memudahkan dalam pemasangan.

Menggunakan bataton juga bisa menghemat biaya pemasangan karena memiliki bentuk besar dan juga bentuk yang bisa disesuaikan.

7. Batu Bata Ekspos

Batu Bata Ekspose
Batu Bata Ekspose

Untuk hunian modern sekarang sudah mulai menggunakan batu bata ekspos. Batu bata ekspos sendiri terbuat dari tanah liat dicetak sedemikan rupa sehingga menjadi batu bata hias.

Jika dibandingkan dengan batu biasa maka batu bata ekspose memiliki permukaan yang lebih halus, kuat, dan pori-pori kecil. Tentu bata bata ini sangat cocok untuk desain interior modern.

Desain menggunakan batu bata eskpose bisa menciptakan kesan natural dan alami. Selain itu bisa juga bisa diterapkan pada dekorasi yang berkonsep indrustrial, rustic, dan skandinavia.

Penyusunan batu bata ekspose dibuat polos tanpa plaster sehingga ruangan tampak lebih menonjol. Meskipun tanpa plaster bata ekspose tampak bersih dan simple. Hal ini yang membuat batu bata ekspose begitu diminati.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat 7 jenis batu bata untuk bangunan yaitu batu bata merah, batako, batu bata hebel, batu bata bolong, batu bata purpose-made, bata beton, dan batu bata ekspose.

Mulai sekarang Anda bisa memilih jenis batu bata yang cocok untuk pembangunan rumah Anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *