11 Kayu Terbaik Untuk Pintu dan Jendela

Kayu Terbaik Untuk Pintu dan Jendela

Untuk membuat pintu atau jendela yang bagus dan awet maka dibutuhkan material kayu yang terbaik. Ada banyak jenis kayu yang bisa digunakan untuk pembuatan pintu atau jendela. Namun, tidak semua jenis kayu yang beredar bagus untuk pintu atau jendela. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mengetahui jenis kayu terbaik untuk pintu dan jendela.

Kayu Terbaik Untuk Pintu dan Jendela

Dalam memilih material kayu untuk pembuatan pintu dan jendela selain kuat, juga harus memilih kayu yang memiliki motif yang indah. Sehingga pintu atau jendela yang dibuat tampak indah bisa mempercantik penampilan rumah.

Untuk membantu Anda dalam memilih kayu terbaik untuk pembuatan pintu atau jendela, maka berikut adalah jenis kayu terbaik untuk pintu dan jendela :

1. Kayu Jati

Kayu Jati Untuk Pintu dan Jendela
Gambar Kayu Jati

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kayu jati merupakan salah satu kayu terbaik untuk pintu dan jendela. Kayu jati sudah terbukti sebagai kayu yang kuat dan awet. Jenis kayu yang satu ini sangat tahan terhadap perubahan suhu dan serangan hama kayu seperti rayap, kutu kayu, kumbang dan sejenisnya. Oleh sebab itu tak heran kayu jati menjadi primadona untuk membuat pintu, jendela atau furniture rumah.

Disamping itu kayu jati juga memiliki motif dan warna yang khas sangat indah memanjakan mata. Itu mengapa kayu jati sangat cocok dijadikan bahan pintu, jendela atau furniture.

2. Kayu Kamper

Gambar Kayu Kamper

Kayu kamper memiliki kualitas yang sangat baik untuk pembuatan pintu atau jendela. Kualitas kayu kamper mampu bersaing dengan kayu jati. Oleh sebab itu kayu kamper sering dijadikan alternatif pengganti kayu jati yang harganya semakin mahal. Dari beberapa jenis kayu, kayu kamper merupakan jenis kayu terbaik untuk pintu dan jendela.

Kayu kamper sendiri memiliki nama latin Cinnamomum camphora. Disebut kayu kamper karena jenis kayu ini memiliki bau mirip dengan aroma kamper. Sudah sejak zaman dahulu kayu kamper digunakan untuk material pembuatan rumah, khususnya pintu dan jendela. Kayu kamper dikenal dengan kayu yang tahan dengan serangan rayap alias anti rayap.

Saat ini kayu kamper banyak berasal pulau Kalimantan, khususnya di Samarinda yang merupakan daerah tropis penghasil kayu kamper terbaik di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu kayu kamper saat ini telah dikembangkan di daerah subtropis. Bau dari kayu kamper mirip seperti kapur barus, oleh sebab itu kayu kamper sangat tidak disukai rayap ataupun hama kayu lainnya.

Keunggulan kayu kamper diantaranya kuat, awet, tahan terhadap perubahan cuaca, anti rayap, dan memiliki motif yang indah. Selain itu kayu kamper sendiri lebih murah jika dibandingkan dengan kayu jati.

3. Kayu Merbau

Gambar Kayu Merbau

Kayu merbau adalah jenis kayu yang sangat kuat, keras dan berumur panjang. Warna kayu merbau coklat kemerahan dan terkadang di sertaui highlight kuning. Serat kayu merbau sendiri berupa garis terputus-putus menambah keindahan motif kayu merbau. Biasanya kayu merbau difinishing dengan melamin warna gelap atau tua untuk mempercantik penampilan kayu ini.

Daerah penghasil kayu merbau terbaik di Indonesia saat ini ada di pulau Papua dan Kalimantan. Pohon merbau dapat tumbuh subur di daerah hutan hujan tropis. Jenis kayu merbau termasuk ke dalam golongan kelas awet I, dan II kemudian masuk kelas kuat I dan II.

Dengan segala keunggulan yang dimiliki oleh kayu merbau, maka kayu merbau merupakan salah satu jenis kayu terbaik untuk pintu dan jendela. Sebagian orang menggunakan kayu merbau untuk lantai dan dinding karena selain kuat, kayu merbau juga memiliki motif yang indah.

4. Kayu Mahoni

Gambar Kayu Mahoni

Kayu mohoni memiliki nama latin Swietenia mahagoni. Jenis kayu ini termasuk kayu kuat dan awet untuk pembuatan pintu atau jendela. Namun kayu mohoni harus berasal dari pohon mahoni yang sudah tua. Jika berasal dari pohon mahoni yang masih muda kayu yang dihasilkan kurang bagus, masih lunak dan mudah lapuk.

Kayu mohoni yang sudah tua sangat bagus untuk pembuatan pintu dan jendela. Hal tersebut karena selain kuat, kayu mahoni juga memiliki tekstur indah dan berkesan mewah. Selain itu kayu mahoni juga memiliki karakteristik kuat dengan pori-pori kecil sehingga cocok digunakan untuk material pembuatan pintu atau jendela.

5. Kayu Pinus

Gambar Kayu Pinus

Kayu pinus memiliki tekstur permukaan yang halus dan berbobot ringan sehingga cocok dijadikan bahan pembuatan pintu atau jendela. Selain itu kayu pinus juga tahan terhadap perubahan suhu sehingga kayu pinus tidak mudah menyusut atau mengembang. Harga dari kayu pinus juga lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki kayu pinus Anda tidak perlu ragu menggunakan kayu pinus untuk pembuatan pintu atau jendela.

Pohon pinus sendiri hidup di dataran tinggi tersebar hampir di seluruh Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia telah mengembang kayu pinus karena memiliki banyak permintaan.

6. Kayu Akasia

Gambar Kayu Akasia

Belakangan penggunaan kayu akasia sebagai bahan baku furniture semakin meningkat. Begitu juga penggunaan kayu akasia sebagai bahan baku pembuatan rumah juga semakin meningkat. Misal saja kayu akasia digunakan untuk pembuatan rangka atap, kusen, daun pintu, dan daun jendela.

Hal tersebut wajar saja karena kayu akasia memiliki tekstur kuat dan dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Kayu akasia juga memiliki tekstur halus dengan motif yang indah sehingga cocok dijadikan bahan baku pembuatan pintu atau jendela.

7. Kayu Bengkirai

Gambar Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai termasuk ke dalam kayu kuat dengan kualitas yang sangat baik untuk material bangunan. Namun yang menjadi catatan adalah kayu benkirai walaupun kuat jenis kayu ini disertai dengan tingkat kegetasan tinggi sehingga mudah retak pada permukaannya. Untuk mengatasi mudah retak pada kayu bengkirai dapat ditutupi dengan wood filler.

Kayu bengkirai masuk ke dalam kelas awet I, II dan III kemudian masuk kelas kuat I, dan II. Di Indonesia sendiri kayu bengkirai sering dijadikan bahan material kayu untuk pembuatan pintu atau jendela. Salah satu kelebihan kayu bengkirai adalah tahan terhadap cuaca.

Saat ini kayu bengkirai banyak ditemukan di hutan hujan tropis di pulau Kalimantan. Kayu bengkirai berwarna kuning terkadang sedikit kecoklatan. Karena berwarna kuning agak kecoklatan maka kayu bengkirai sering disebut dengan yellow balau.

8. Kayu Nangka

Gambar Kayu Nangka

Kayu nangka memiliki karakteristik kuat dan tahan terhadap serangan rayap maupun hama kayu lainnya. Hal tersebut membuat kayu dari pohon nangka banyak diminati oleh banyak orang. Begitu juga sudah banyak orang yang menjadikan kayu nangka sebagai bahan baku pembuatan pintu atau jendela.

Selain kuat warna dan serat dari kayu nangka juga menarik sehingga bisa mempercantik penampilan rumah. Selain digunakan untuk pintu atau jendela, kayu nangka juga biasa dijadikan material pembuatan meja atau kursi. Wajar saja demikian, karena selain kuat kayu nangka juga memiliki penampilan yang sangat menarik.

9. Kayu Durian

Gambar Kayu Durian

Selain menghasilkan buah yang lezat, pohon durian juga bisa dijadikan kayu untuk bahan baku pembuatan pintu dan jendela. Kayu durian memiliki bobot yang relatif ringan. Walaupun ringan kayu durian cukup awet untuk material bangunan, apalagi pohon durian yang sudah tua kayu yang dihasilkan lebih awet lagi.

Kayu durian masuk ke dalam kelas awet IV dan V kemudian masukkelas kuat II dan III. Sayangnya kayu durian memiliki tekstur kasar dan tidak merata maka untuk mengatasinya harus dengan menghaluskannya dengan amplas dan difinishing dengan pelapis kayu,

10. Kayu Meranti

Gambar Kayu Meranti

Kayu meranti adalah salah satu jenis kayu terbaik untuk pembuatan pintu maupun jendela sebab selain kuat kayu meranti juga anti rayap. Selain untuk bahan konstruksi bangunan kayu meranti juga digunakan untuk bahan dasar pembuatan furniture.

Kayu meranti memiliki permukaan berwarna merah. Warna merah pada kayu meranti memiliki tingkatan, tingkat warna merah kayu meranti menandakan usia kayu tersebut. Semakin gelap warna kayu meranti maka hal tersebut menandakan kayu meranti usianya semakin tua dan semakin baik mutunya.

Dalam kelasnya kayu meranti masuk ke dalam kelas kuat II-IV dan masuk kelas awet III. Dengan demikian kayu meranti masuk kedalam jenis kayu yang kuat cocok untuk pembuatan pintu maupun jendela.

11. Kayu Keruing

Gambar Kayu Keruing

Kayu keruing juga jenis kayu yang cukup bagus digunakan untuk pembuatan pintu maupun jendela. Memang kayu keruing untuk kualitasnya masih dibawah kayu bengkirai maupun kayu kamper. Walaupun begitu kayu keruing tetap bagus jika untuk bahan baku pembuatan pintu maupun jendela karena kayu keruing masuk kedalam kayu kelas I dan II.

Kayu keruing bisanya berwarna coklat kemudian permukaan kayunya memiliki serat lurus dan biasanya berminyak. Kayu keruing yang sudah kering penampilannya mirip dengan kayu kamper.

Karena memiliki warna dan serat yang indah maka kayu keruing banyak sekali diminati untuk membuat pintu, jendela maupun furniture. Sayangnya keberadaan kayu keruing kini tidak banyak. Hal tersebut karena penebangan secara liar dan belum ada pengembangan kayu keruing yang masif.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *